STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
A.
|
Ma tu Pclajaran
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama
|
|
|
|
|
a. Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Qur’an Hadits
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
|
d. SKI
|
1
|
1
|
1
|
|
e. Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
|
4. Bahasa Inggris:
|
|
|
|
|
a. Reading and Writing
|
3
|
3
|
3
|
|
b. Speaking and Listening
|
2
|
2
|
2
|
|
5. Matematika
|
6
|
6
|
6
|
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
8. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
|
10.TIK
|
1
|
1
|
1
|
|
1 1 . Muatan Lokal :
|
|
|
|
|
a. Terjemah Al Qur’an secara lafziah
|
1
|
1
|
1
|
|
b. Kaligrafi
|
1
|
1
|
1
|
B.
|
Pengembangan Diri/Ekstrakurikuler
|
2
|
2
|
2
|
|
1. Layanan Konseling
|
|
|
|
|
2. Pramuka
|
|
|
|
|
3. PMR
|
|
|
|
|
4. SAI
|
|
|
|
|
5. Keterampilan Berbahasa Arab
|
|
|
|
|
6. Ketrampilan Berbahasa Inggris
|
|
|
|
|
7. Olah Raga Futsal
|
|
|
|
|
8. Olahraga Basket Ball
|
|
|
|
|
9. Olahraga Volly Ball
|
|
|
|
|
10. PencakSilat
|
|
|
|
|
11. PASKIB
|
|
|
|
|
12. Muhadarah
|
|
|
|
|
13. Mading
|
|
|
|
|
14. Vokal Group
|
|
|
|
|
15. Band
|
|
|
|
|
1 6. Seni Tari
|
|
|
|
|
J u m 1 a h
|
45
|
45
|
45
|
B. Muatan Kurikulum
1.
|
Mata Pelajaran
|
|
|
a.
|
Pendidkan Agama bertujuan memberi wawasan terhadap keberagaman agama di Indonesia dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa.
|
|
b.
|
Kewarganegaran dan kepribadian bertujuan memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
|
|
c.
|
Bahasa Indonesia bertujuan membina keterampilan berbahasa secara lisan atau tertuli serta dapat mcnggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap iptek
|
|
d.
|
Bahasa Inggris bertujuan membina ketrampilan berbahasa berkomunikasi secara lisan atau tertulis untuk menghadapi perkembangan iptek dalam menyongsong era globalisasi.
|
|
e.
|
Matematika bertujuan memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan iptek.
|
|
f.
|
Ilmi Pengetahuan Alam bertujuan memrikan pengetahuan dan ketrampilan kepada siswa untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan iptek.
|
|
g.
|
Ilmu Pengetahuan sosial bertujuan memberikan pengetahuan sosiokultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat dan memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
|
|
h.
|
Seni Budaya bertujuan mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi dan kecintaan pada seni budaya nasional.
|
|
i.
|
Penjaskes bertujuan menanamkan hidup sehat, meningkatkan kebugaran, dan keterampilan dalam bidang olahraga, serta menanmkan rasa sportivitas, tanggungjawab, disiplin, danpercaya diri dapa siswa.
|
|
j.
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi bertujuan memberikan keterampilan di bidang teknologi informatika dan keterampilan elektronika yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.
|
2.
|
Muatan Lokal
|
|
|
a.
|
Terjemah Lafziah bertujuan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang kandungan Al Qur’an secara lafziah/kata
|
|
b.
|
Kaligrafi bertjuan bertujan memberikan keterampilan kepada siswa di bidang seni dalam penulisan huruf Arab / Hijaiyah.
|
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan
Pengembangan diri merupakan kegiatan di luar mata pelajaran sebagai
bagian integral dari kurikulum madrasah yang dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan Diri
bertujuan untuk menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan
bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan,
kemampuan kehidupan beragama, kemampuan sosial, kemampuar belajar,
wawasan, dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah dar
kemandirian.
4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program
pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur. Beban belajar kegiatan tatap muka
per jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit.
5. Ketuntasan Belajar
Komponen
|
KKM
|
|||
A.
|
Mata Pclajaran
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama
|
|
|
|
|
a. Akidah Akhlak
|
70
|
70
|
70
|
|
b. Qur’an Hadits
|
70
|
70
|
70
|
|
c. l-ikih
|
70
|
70
|
70
|
|
d. SKI
|
60
|
60
|
60
|
|
e. Bahasa Arab
|
60
|
60
|
60
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
65
|
65
|
65
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
65
|
65
|
65
|
|
4. Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
c. Reading and Writing
|
60
|
60
|
60
|
|
d. Speaking
|
60
|
60
|
60
|
|
e. Listening
|
60
|
60
|
60
|
|
5. Matematika
|
60
|
60
|
60
|
|
6. llmu Pengetahuan Alam
|
60
|
60
|
60
|
|
7. llmu Pengetahuan Sosial
|
70
|
70
|
70
|
|
8. Seni Budaya
|
70
|
70
|
70
|
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
70
|
70
|
70
|
|
10. TI K
|
60
|
60
|
60
|
|
1 1. Muatan Lokal :
|
|
|
|
|
a. Tcrjemah Al Qur’an secara lafziah
|
60
|
60
|
60
|
|
b. Kaligraf
|
60
|
60
|
60
|
B.
|
Pengembangan Diri
|
Minimal Baik
|
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Peserta didik dinyatakarn naik kelas apabila memenuhi syarat sebagai berikut:
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
Tidak terdapat nilai di bawah KKM maksimal 3 mata pelajaran pada semester yang diikuti;
Memiliki nilai minimal baik untuk aspek kepribadian, kelakuan, dan kerajinan pada semester yang diikuti;
Persentase kehadiran minimal 90 %
Pengolahan Nilai Raport menggunakan rumus sebagai berikut:
(2 x Rata-rata Nilai Bulanan ) + (1 x Rata-rata Nilai Tugas) + (1 x Nilai Ulangan Semester) = Nilai R
4
Sesuai
dengan ketentuan PP No. 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik
dinyatakan lulu setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir;
Lulus Ujian Sekolah/Madrasah;
Lulus Ujian Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar